windows_xp_logo

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa sihh Windows XP itu?

Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama “XP” adalah kependekan dari “Experience”. Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC.

Versi Windows berbasis arsitektur NT dikenal dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih baik ketimbang versi Windows 9x. Windows XP menyajikan antarmuka grafis yang dirancang ulang secara signifikan, hingga perubahan tersebut dipromosikan oleh Microsoft sebagai tampilan yang lebih user-friendly dari versi Windows sebelumnya. Windows XP juga merupakan versi pertama Windows untuk menggunakan aktivasi produk “Windows Product Activation” untuk memberantas pembajakan peranti lunak, meski hal ini menjadi kontroversi.(http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP)
Windows XP muncul dalam banyak jenis:

ü  Windows XP Professional

ü  Windows XP Home Edition

ü  Windows XP Media Center Edition

ü  Windows XP Tablet PC Edition

ü  Windows XP Starter Edition

ü  Windows XP Professional x64 Edition

ü  Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium

Berikut langkah-langkah untuk menginstall Windows XP :

1. Anda harus punya CD drivers Windows XP atau file ISO jika ingin install bajakan (sangat tidak disarankan).

Windows XP Drivers

2. Ubah settingan BIOS anda dengan cara restart > F2 > BIOS (ubah BIOS priority anda menjadi CD-Room drive untuk First Boot Priority) > Enter (untuk merestart)

boot

3. Tunggu sampai ada tulisan Press any key to boot from CD.. maka tekan sembarang tombol pada keyboard.

insert cd

4. Maka akan muncul halaman seperti berikut :

setup

Klik F8 untuk melanjutkan. Tunggu hingga BIOS membaca Drivernya, maka akan muncul halaman Windows XP Professional Setup : Welcome to Setup.

Ada 3 pilihan yaitu Enter = melanjutkan instalasi, R (Repair)= untuk memperbaiki, dan F3 = untuk keluar dari instalasi.

Tekan Enter untuk menginstall Windowsnya seperti gambar di bawah ini :

wel to setup

5. Akan muncul jendela End User License Agreement. Pilih F8 untuk menyetujui.

4

6. Selanjutnya anda akan diminta untuk membuat partisi hardisk. Klik tombol C (create) untuk membuat partisi. Ketikan partisi yang anda inginkan (drive C:) kemudian tekan Enter untuk membuatnya. Lakukan langkah yang sama untuk membuat partisi yang lain (drive D: dan atau seterusnya).

unpartition

6

7

8

7. Klik Enter untuk melanjutkan penginstallan. Dan pilih Format the partition using the NTFS file system <Quick>. Tekan Enter untuk Continue dan tekan Enter sekali lagi untuk memformat drive C:. Tunggu prosesnya

9

10

11

8. Setelah proses format selesai, komputer akan melakukan transfer data dari CD master ke hard disk PC/laptop, tepatnya pada drive C: dan akan reboot otomatis. Prosesnya seperti pada gambar dibawah.

30 reboot

9. PC/Laptop anda akan restart dan tunggu hingga keluar logo Windows XP.

xp

10. Komputer akan mulai proses penginstallan, tunggu hingga muncul option.

41 42

11. Pilih Customize… untuk merubah pengaturan waktu, Lokasi dan Bahasa.

Pilih Indonesia > OK > Next.

43 44

12. Anda akan diminta untuk mengisi Nama dan Organisasi, isikan sesuai keinginan anda. Klik Next.

45

13. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisikan Product Key yang terdapat pada driver CD Windows XP anda. Jika anda menginstall OS bajakan maka cari saja product keynya di https://www.google.co.id/ atau http://www.smartserials.com/ (Not Recomended). Klik Next.

46

14. Selanjutnya isikan Computer Name anda (sesuai keinginan). Date and Time Settings (pilih [GMT +07:00] Bangkok, Hanoi, Jakarta) dan proses install akan berlanjut. Klik Next.

47

48 49 50

15. Networking Settings. Pilih Typical setting untuk pengaturan automatis, atau Custom settings untuk pengaturan manual. Klik Next dan Next lagi, tunggu hingga proses instalasi selesai.

51 52 54

16. Tunggu hingga komputer BlackScreen (Display Settings > OK). Maka akan muncul Logo Windows XP.

55 56

17. Akan muncul page Welcome to Microsoft Windows (Next) > Help protect your PC (Not right now > Next) > Skip > Ready to register? (No, not at this time > Next) > Who will use? (ketikan nama anda > Next) > Thank you! (Finish).

57 58 59 60 61 62

18. Terakhir, tunggu hingga muncul page welcome .

63

19. Installah driver-driver perangkat komputer anda dan komputer anda siap untuk digunakan.

64

Demikian langkah-langkah untuk menginstal Windows XP.

Waalaikumsalam Wr. Wb.