Komputer tidak mau Mengakses Internet

closed-internet

Pengenalan Jaringan komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

(http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer)

Beberapa permasalahan yang mungkin dihadapi :

1. Status Connected akan tetapi tidak bisa akses internet

Connected Status

Status ini menunjukkan bahwa komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan wireless, maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini menunjukkan ada masalah pada layer atas yaitu Internet.

Untuk bisa melakukan troubleshooting jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser internet kita dan check ke website tertentu misal saja ke http://www.google.co.id atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada pihak ISP yang mungkin salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
  • Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.

lan lan2

  • Lepaskan sambungan wireless router dari modem (sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router), tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
  • Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah berikut ini.
  • Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah, cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet. Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah dengan wireless router anda.
  • Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada masalah dengan ISP anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada masalah dengan layanan Internet.

2. NIC atau wireless adapter status disabled

Disabled status

diss

Jika gambar status diatas ini buram abu2 maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan Disabled. Ada seseorang yang secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin anda sendiri yang iseng coba-coba klik sana sini dan klik Disable. Klik kanan icon tersebut dan pilih Enable.

3. Limited or no connectivity Status

Limited or no connectivity status

lim

Kondisi limited or no connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan komputer anda, koneksi ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi konfigurasi wireless router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan konfigurasi DHCP pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem dan internet (jika fihak ISP memberikan layanan DHCP kepada clients).

Troubleshooting jaringan dengan status limited or no connectivity ini disebabkan beberapa masalah berbeda termasuk koneksi internet yang gagal, wireless router atau adapter yang tidak dikonfigurasikan dengan benar. Ikutin petunjuk berikut ini untuk troubleshooting jaringan dengan status ini.

  • Klik kanan adapter tersebut dan pilih Repair. Perhatikan apakah sudah normal connected atau masih limited. Langkah ini memastikan untuk mendapatkan IP address dari DHCP server.
  • Buka property TCP / IP dari adapter anda dan pastikan bahwa TCP/IP konfigurasinya adalah obtain IP address automatically.
  • Putuskan koneksi ke modem, tunggu sebentar dan koneksikan lagi.
  • Jika ada wireless router terpisah dengan modem, putuskan koneksinya – tunggu beberapa saat dan hubungkan lagi.
  • Restart komputer anda
  • Sampai langkah ini masih juga status limited, maka lihat konfigurasi router atau apakah konfigurasi DHCP nya sudah enabled.
  • Restart komputer anda. Jika status masih Limited or no connectivity , dan jika wireless komputer dan modem terpisah, cobalah putuskan modem dan router terus koneksikan komputer anda langsung ke modem. Restart komputer dan periksa apakah status sudah berubah.
  • Jika masih juga status limited, hubungi ISP anda. Status ini menunjukkan adanya DHCP gagal fungsi tidak bisa memberikan IP address ke clients. Biasanya fihak ISP memberikan konfigurasi DHCP kepada clients.

4. Network Cable Unplugged

Status kabel jaringan terputus

net

Kondisi ini menunjukkan koneksi kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router / modem.

  • Periksa apakah ada kebel terlepas
  • Jika kabel sudah terhubung sempurna ke router / Switch, cobalah swap ke port lain pada router / Switch. Anda juga bisa memeriksa status lampu pada router atau switch saat kabel terhubung ke komputer nomor berapa port tersebut terhubung, biasanya lampu akan berkedip jika ada hubungan ke wireless router / switch pada port yang bersangkutan.
  • Jika masih juga status terputus, cobalah ganti kabel jaringannya dengan yang baru atau coba pinjam dengan kabel yang terbukti jalan dari komputer sebelah.
  • Jika masih status terputus, sementara komputer lain jalan – maka anda bisa mencurigai adapter anda rusak. Gantilah dengan yang baru.

5. Wireless adapter tidak dapat terhubung kepada wireless network

Tidak ada koneksi ke wireless network

wi

Status ini menunjukkan koneksi wireless adapter anda terputus dengan jaringan wireless anda. Ada dua kemungkinan, adapter wireless anda tidak bisa terhubung ke wireless network anda, atau koneksi wireless intermittend. Solusinya :

  • Periksa apakah tombol wifi sudah dihidupkan

Indikasi tombol wifi sudah hidup adalah lampu yang menyala pada tombol tersebut. Jika tombol wifi sudah anda tekan, tapi tidak ada nyala lampu atau tidak ada lambang wifi sama sekali di layar sebelah kanan bawah windows anda, kemungkinan anda belum menginstall driver wifi anda atau driver bawaan laptop anda tidak cocok. Laptop anda biasanya disertai CD Driver atau anda bisa mendownload di situs merek laptop anda.

  • Hidupkan Wireless Zero Configuration

Jika tombol wifi sudah menyala, lambang wifi ada tapi tidak bisa mendeteksi jaringan hotspot, maka ada kemungkinan Anda belum menghidupkan Wireless Zero Configuration. Anda bisa menghidupkannya dengan menuju :

  • Start->Run->ketikkan services.msc
  • Setelah muncul Jendela Services akan ada banyak nama service disana
  • Cari Wireless Zero Configuration
  • Klik kanan->Properties
  • Setelah muncul Jendela Wireless Zero Configuration Properties
  • Cari Startup Type
  • Jika masih manual, ubah jadi “Automatic” dan klik OK.

Disini Anda akan kembali lagi ke Jendela Services awal. Klik kanan lagi di Wireless Zero Configuration dan pilih Restart untuk menghidupkan Service Wireless Zero Configuration supaya bisa mendeteksi hotspot di sekitar anda.

  • Bersihkan sisa koneksi hotspot

Jika wifi anda sudah bisa mendeteksi hotspot tapi tetap tidak bisa connect, maka kemungkinan anda harus membersihkan “sisa” koneksi hotspot anda yang lama.

  • Klik ke lambang wifi di pojok kanan bawah
  • Masuk ke advanced setting, disini akan keluar kotak
  • Kemudian masuk advanced,
  • jika anda melihat ada nama-nama hotspot yang dulu pernah tersambung dengan anda, maka hilangkan semua dengan mengklik tombol remove hingga nama-nama hotspot tersebut hilang. Sekarang coba kembali untuk connect ke hotspot anda.

6. IP CONFLICT

conf

Jika conflic karena ada user yang mencoba-coba IP atau komputer lain sudah menggunakan IP tersebut, anda bisa mengeceknya dengan cara sebagai berikut :

  • Buka event_viewer di ‘control panel’ >> ‘Administrative Tools’ >> ‘Event Viewer’
  • Buka perintah Error untuk source TCP/IP. buka file tsb dan catat mac addres-nya
  • Scan Gunakan ‘network scanner’ (saya pakai ini). Atur agar informasi mac-address, Computer-name, IP dibuka.
  • Cari berdasarkan mac-address, lihat nama komputer-nya yang menyebabkan conflict & IP-nya

Tapi kalau ternyata ini merupakan ARP spoofing, tidak jelas apakah terkena virus atau malware. coba dengan cara yang ini :

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah , download malwarebyte dan jangan lupa update AVG dikomputer server terlebih dahulu.
  • Langkah selanjutnya adalah cabut semua kabel LAN, lalu untuk giliran pertama scan komputer server dengan malware byte lalu disusul dengan AVG , selanjutnya ke semua client (dalam posisis kabel LAN tercabut semua)
  • Nanti bisa diketahui mana yang komputer suspect sebagai sumber yang membuat System IP Conflict , yang menyamarkan semua address mac komputer sama .
  • kalau ada salah satu komputer yang di scan dengan malwarebyte tidak bisa dibersihkan dan ketika mau di bersihkan dia mendisable registry sendiri dan selalu restart-restart terus.
  • setelah semua PC bersih , langkah selanjutnya adalah untuk pencegahan. Catat semua mac address setiap komputer , dengan cara ketik ipconfig/all di prompt/dos ( physical address merupakan mac address ).

ip

setelah di catat semua komputer, bikin Bat file dan namakan saja dengan antiarp.bat misalkan lalu dijalankan di startup di setiap komputer , sehingga setiap komputer nyala akan mengeksekusi antiarp.bat .

Cara menjalankan di startup  (dari start menu klik kanan —> open —->program —> start up) lalu dari menu file pilih new — -> shortcut dan pilih antiarp.bat

Demikian beberapa solusi mengenai permasalahan troubleshooting jaringan. semoga berguna untuk referensi.

Mengutip dari : http://aneneharief.wordpress.com/troubleshooting-pada-jaringan-dan-penanganannya-error-handling/

http://asal-asaln.blogspot.com/2010/12/cara-mengatasi-ip-conflict.html